Beli Mobil Atau Motor Lewat Leasing

Berbagai perusahaan pembiayaan/leasing menawarkan kemudahan dalam membeli kendaraan bermotor secara kredit, baik dari besarnya uang muka, tenor pinjaman dan besarnya angsuran per bulan. Namun demikian, patut diperhatikan kelebihan dan kekurangan melakukan pembelian secara kredit melalui perusahaan pembiayaan/leasing.

Satu hal yang perlu diperhatikan, konsumen akan mempunyai kuajiban dalam jangka waktu tertentu setelah akad kredit. Walaupun ada juga kelebihan yang bisa dirasakan pembeli.

Kemudahan yang ditawarkan dari membeli secara kredit tentu datang bersama konsekuensinya. Meski pembayaran secara mengangsur kelihatannya lebih ringan dan lebih nyaman, namun jangan pernah lupakan kewajiban untuk mengangsur tepat jadwal. Kredit hanya salah satu pilihan bagi Anda yang kurang bisa menyisihkan uang untuk menabung. Biasanya konsumen lebih mudah dipaksa untuk bayar pinjaman dibanding menabung.

Selain itu, pembelian secara kredit membuat kita bisa mendapatkan kendaraan yang mungkin belum waktunya menjadi milik kita. Kelebihan lain, saat mengambil kredit biasanya pembeli juga dikenakan kewajiban membayar asuransi, baik untuk kendaraan maupun jiwanya.

Seandainya keputusan membeli secara kredit sudah diambil, pertimbangkan pula pemilihan jangka waktu kreditnya. Hal terpenting dalam pemilihan jangka waktu kredit (tenor) adalah kenyamanan. Artinya, nyamankah kita dengan skema yang telah kita tentukan?

Jangka waktu kredit yang pendek akan berakibat beban angsuran yang berat, begitu pula sebaliknya, jangka kredit panjang tentu saja beban angsuran lebih ringan. Ambillah keputusan sesuai kondisi keuangan Anda.